Minggu, 25 September 2016

KACA TEMPERED

Kelebihan Kaca Tempered dan Kekurangannya
Kaca Tempered adalah salah satu jenis kaca dari sekian banyak jenis kaca yang biasa digunakan untuk jendela, pintu, dan partisi. Jenis kaca ini dibuat dari kaca float berkualitas tinggi melalui proses pemanasan thermal di mana kaca dipanaskan sampai pada titik lunak kemudian didinginkan dengan cepat. Dengan proses pendinginan yang cepat membuat kaca memiliki kelenturan dan kekuatan yang baik terhadap tekanan di kedua sisi permukaan kaca. Kaca jenis Tempered memiliki kekuatan 4-5 kali lebih baik dibandingkan kaca biasa dengan ketebalan yang sama. Kaca Tempered banyak digunakan pada bangunan untuk: Pintu Kaca, Ralling Tangga/Balkon, Partisi, Canopy Kaca, dan Pintu Shower Kamar Mandi.
Metode tempering kaca pertama kali dikembangkan oleh Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie dari Paris pada tahun 1830-1901, sehingga tidak aneh jika Kaca Tempered juga dikenal dengan sebutan dengan Bastie glass. Metode tempering kaca selanjutnya dikembang oleh orang Jerman bernama Fredreich Siemans pada tahun 1877, dengan pengembangan proses yang berbeda mampu menghasilkan Kaca Tempered yang lebih kuat dari sebelumnya.
Seluruh metode untuk membuat Kaca Tempered dipatenkan pertama kali oleh seorang kimiawan bernama Rudolph A. Seiden yang lahir pada tahun 1900 di Austria dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1935.
Kelebihan Kaca Tempered
Kelebihan Kaca Tempered dibandingkan dengan kaca biasa dengan ketebalan yang sama adalah:
Kaca jenis ini memiliki kekuatan terhadap benturan 4-5 kali lipat dari kaca biasa.
Kaca Tempered diklasifikasikan sebagai kaca dengan tingkat pengaman/safety yang baik. Ketika pecah kaca akan menjadi pecahan kecil yang tidak tajam, sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera serius.
Kaca jenis tempered lebih tahan terhadap perubahan suhu/thermal. Apabila terjadi pemanasan, bagian tepi kaca masih relatif dingin sehingga dapat mengurangi pemuaian kaca. Hal ini menyebabkan kaca menjadi tidak mudah pecah karena perubahan suhu.
Kekurangan Kaca Tempered
Kaca Tempered bukan berarti tidak memiliki kekurangan, berikut beberapa kekurangan dari kaca jenis tempered:
Jenis Kaca Tempered tidak bisa dipotong, berbeda dengan kaca biasa yang apabila terjadi salah ukuran bisa dilakukan pemotong. Untuk kaca jenis Tempered tidak bisa, apabila dipaksakan akan berakibat pecahnya seluruh bagian kaca.
Retakan kecil pada bagian kaca bisa merambat ke seluruh bagian kaca yang berakibat kaca akan hancur total.
Kaca tidak bisa dibor atau dilubangi. Proses membuat lubang atau coakan dilakukan sebelum proses tempering. klik -www.ahmadworkshop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar