Senin, 26 September 2016

KACA GRAFIR

Seni Kaca Grafir
Seni menghias kaca dengan teknik grafir sebenarnya merupakan hal yang baru ditemukan. Metode ini digunakan untuk menambah keindahan ruangan. Meski tergolong metode baru, kaca grafir dapat diterapkan pada berbagai gaya arsitektur bangunan. Tidak hanya cocok untuk arsitektur bergaya modern, namun kaca grafir ini juga dapat men Gampilkan kesan mewah pada arsitektur bergaya klasik atau tradisional. Proses pembuatan kaca grafir sendiri tidak serumit dan membutuhkan banyak waktu seperti pembuatan kaca inlay. Untuk membuat kaca grafir biasanya menggunakan kaca yang ketebalannya lebih dari lima milimeter. Hal ini bertujuan agar motif yang dihasilkan lebih jelas dan untuk menghindari kaca agar tidak tertembus oleh krim yang digunakan untuk membuat grafir. klik-www.ahmadworkshop.com
Desain
Tahap pertama yang dilakukan sebelum membuat kaca grafir adalah membuat desain. Hal ini agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan pelanggan dan hasilnya juga maksimal. Dalam gambar desain ini, konsep harus terlihat dengan jelas terutama pada garis yang akan dipotong.
Penempelan Skotlet
Setelah desain selesai dibuat kemudian ditempelkan pada skotlet bening. Setelah menempel, skotlet dipotong sesuai dengan motif yang telah ditempelkan. Dalam pemotongan ini ketelitian sangat dibutuhkan, karena hasil yang didapat akan sangat berpengaruh pada pemotongan skotlet ini. Setelah proses pemotongan selesai, maka desain dilepas lagi dan kemudian skotlet ditempelkan pada kaca. Pada tahap ini kaca harus benar – benar bersih sehingga tidak akan merusak dan mengurango kualitas grafir yang dibuat.
Penyemprotan
Pada tahap ini kaca yang sudah ditempeli skotlet disemprot menggunakan pasir baja atau krim khusus untuk membuat grafir. Pada proses ini, krim harus benar – benar melapisi kaca agar didapatkan hasil yang maksimal.
Finishing
Setelah proses penyemprotan atau pengolesan krim selesai. Kaca didiamkan beberapa menit hingga kaca menjadi kering. Setelah itu, skotlet yang menempel dilepas dan selanjutnya dicuci menggunakan air. Setelah proses tadi, maka jadilah kaca grafir dan siap untuk dipasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar